Tags

Cara Mengatasi Otot Yang Tidak Seimbang (Muscle Imbalances)

Tulisan kali ini diilhami oleh kejadian yang tadi siang gua alamin. Ketika mulai melahap porsi "arms" yang sudah dituliskan di aplikasi JEFIT. Pada awalnya semuanya berjalan lancar-lancar saja sampai pada "Dumbbell Alternate Bicep Curl". Karena gua mulai latihan dari tangan kanan dulu, gua berhasil melahap 12 repetisi tanpa masalah, tapi begitu coba pake tangan kanan kok sepertinya 10 aja sudah susah banget, bahkan sampai di repetisi ke 6 aja sudah mulai ngotot banget. Hal yang lebih nggak enak lagi waktu coba beban yang lebih berat lagi. Dimulai dari tangan kanan, dengan mudah tangan kanan bisa ngangkat beban, tapi begitu giliran tangan kiri 1x aja susah banget. Tiap kali nyoba cuman stuck di setengah gerakan. Akhirnya gua putusin buat turunin beratnya.



Karena penasaran sama apa yang terjadi tadi siang, gua tanya sama mbah google. Ternyata yang gua alamin kali ini istilah kerennya "Muscle Imbalances". Muscle Imbalances adalah keadaan otot di kanan tidak berimbang dengan otot yang ada di kiri baik dari sisi ukuran maupun kekuatan. Nah karena gua masih newbie berarti yang gua alamin tadi dari sisi power otot. Lalu bagaimana cara mengatasinya?


Switch to Dumbbell/Unilateral Exercise
Oke ambil contoh gerakan Barbell Curl yang ada di gambar bawah ini. Pada gerakan Barbell Curl bisa saja kita menarik beban dengan tenaga tangan kanan yang lebih kuat dibandingkan tangan kiri sehingga secara otomatis otot kanan kita lebih terlatih. Efeknya bisa kekuatan otot tangan kiri yang kurang dibandingkan otot tangan kanan, juga ukuran tangan kanan yang lebih besar dibandingkan ukuran tangan kiri apabila kita sudah terbiasa dengan latihan seperti itu dalam jangka waktu yang cukup lama.
Solusi yang bisa dipilih adalah mengganti Barbell dengan Dumbbell yang memungkinkan kita melatih otot tangan kanan maupun kiri kita dengan tekanan yang sama.


Always Start With The Weaker Side & Let It Dictates Your Stronger Side
Seperti kasus yang gua alami tadi siang, ketika tangan kanan kuat melakukan 12 repetisi sedangkan tangan kiri hanya kuat sampai 10 repetisi, apabila hal ini dilanjutkan maka secara otomatis tangan kiri kita akan semakin tertinggal oleh tangan kanan. Solusi yang paling mudah adalah dengan mendahulukan tangan yang kurang dominan, untuk kasus yang gua alamin sendiri tangan kiri. Kalau semisal tangan kiri cuman kuat 10 repetisi maka tangan kanan juga harus nurut 10 repetisi juga. Dengan begitu otot di tangan kanan maupun kiri akan terlatih secara seimbang.

0 comments: