Tags

Fakta Tentang Mitos Makanan

Entah berapa banyak orang yang sudah termakan mitos-mitos yang keliru. Disini gua bakal ngebahas 4 mitos yang -mungkin- sudah sering didengar dan dipercaya oleh masyarakat awam. Beberapa orang percaya jika kita harus mengkonsumsi 8 gelas air sehari hingga ada mitos yang mengatakan seledri sebagai makanan yang baik untuk diet karena selederi itu termasuk "minus calories" food. Langsung saja dimulai dari mitos ke satu




Eight Glasses of Water
Minum air secara cukup terbukti baik untuk kesehatan kita, tapi apakah benar harus 8 gelas air? Normalnya kita minum ketika kita merasa haus, justru yang seperti inilah yang lebih tepat dibandingkan dengan harus minum berapa gelas dalam sehari. Kenapa? Karena aktivitas orang antara yang satu dengan yang lain berbeda-beda. Ketika kita olahraga kita harus mengkonsumsi lebih banyak air untuk menghindari dehidrasi, tentu berbeda dengan orang yang seharian mager di kamar sambil main HP.




Vitamin C Stops Colds
Mungkin di Indonesia tidak terlalu banyak yang mempercaya mitos ini, namun pasti masih ada sebagian orang yang percaya dengan mengkonsumsi vitamin C maka pilek yang kita derita akan sembuh. Tapi yang pernah gua baca, di salah satu percobaan yang melibatkan 11.000 orang memberikan kesimpulan bahwa vitamin C tidak mencegah atau menyembuhkan pilek. Tetapi mencuci tangan secara teratur cukup efektif untuk mencegah penyebarannya.




Carrot Night Vision
Yang ini lebih jarang kita dengar, tapi ada beberapa orang "jadul" yang masih percaya sama mitos yang satu ini. Sebenernya nggak ada hubungannya kalo kita mengkonsumsi wortel dengan penglihatan tajam di malam hari. Memang benar wortel mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, tapi "teori" tentang wortel membantu melihat dalam kegelapan hanyalah mitos. Mitos ini berkembang untuk menyembunyikan teknologi radar dari pihak Jerman ketika perang dunia ke 2 berlangsung.




Celery's Minus Calories
Perut gendut dan pengen nurunin berat badan tapi gak pengen olahraga karena males dan bikin capek? Akhirnya lebih milih diet? Diet yang berarti mengatur pola makan boleh menjadi solusi. Tapi ingat, hasil dari diet saja tanpa diimbangi olahraga akan mengurangi kadar lemak dan juga masa otot. Salah satu makanan yang cukup terkenal sebagai makanan diet adalah seledri karena dibutuhkan lebih banyak kalori untuk memprosesnya daripada kalori yang diberikan untuk tubuh. Tapi benarkah? Kenyataannya meskipun dalam teorinya memungkinkan, sekali lagi gua tekanin "dalam teorinya", dalam praktiknya tidak ada satu jenis makananpun yang ditemukan memberikan efek seperti itu pada tubuh.

0 comments: