Tags

Akibat Salah Gaul, Gua Sekarang Terkena DOMS!

Tentu saja penyesalan selalu datang di akhir, begitu juga dengan apa yang udah gua alamin barusan. Akibat salah gaul gua sekarang harus menderita yang namanya DOMS. Oke gua bakal ceritain semuanya biar semuanya nggak seperti apa yang gua alamin. Jadi gini ceritanya...



Hari selasa waktu itu gua sama salah satu temen main ke suatu tempat yang cukup baru buat kita berdua. Setelah melakukan transaksi ringan di meja reservasi kita langsung masuk ke dalem gedung. Hawanya cukup bersahabat dan cukup banyak orang di dalamnya. Sesekali terdengar suara erangan yang terdengar seperti erangan kepuasan, "aaaaahhhh" kira-kira seperti itu bunyinya. Kita berdua berkenalan dengan salah seorang yang cukup ramah disana, setelah berkenalan kita diajarin beberapa kebiasaan yang sering mereka lakuin disana. Tiba-tiba datang seorang pria setengah baya yang datang menghasut gua buat ngelakuin apa yang dia mau. Karena gua ngerasa baru dan nggak ngerti apa pun, jadi ya gua turutin apa yang doi mau. Gua sedikit lupa apa yang kami bicarakan namun jelas teringat di pikiran kalau doi selalu bilang "tambah lagi, sampe gak kuat". Sialnya, saran itu terus gua lakuin. Anggap saja apa yang telah gua lakuin di dalam gedung itu adalah masa lalu yang cukup suram. Karena akibat meng-iya-kan apa yang pria setengah baya itu katakan, gua sekarang positif terkena DOMS dan ini sudah masuk hari ke 4 gua mengidap fenomena DOMS.

Sebenernya apa yang gua lakuin sampe-sampe kena yang namanya DOMS?
Sebenernya kita cuman latihan ditempat fitness, tempat bapak-bapak disana udah pada berpengalaman angkat beban berat. Nah gua sendiri yang absen olahraga sekitar 3 bulan an karena ngurusin skripsweet langsung disuruh angkat beban yang cukup berat. Di awal udah firasat gak enak, tapi ya namanya newbie, nurut aja sama sepuh mastah suhu guru.

DOMS itu apaan?
DOMS itu kependekan dari Delayed Onset Muscle Soreness vroh, bahasa indonesianya nyeri sehabis latihan yang biasanya menyerang para newbie-newbie seperti gua. DOMS sendiri terjadi ketika otot kita dipaksa mengerjakan beban berat. Ketika kita mengangkat beban yang cukup berat maka otot kita dipaksa bekerja diluar zona "nyaman" sehingga terjadi robek otot secara mikroskopis.

Bahaya nggak sih DOMS itu?
Nggak bahaya kok, malahan DOMS baik buat perkembangan otot kita. Artinya otot kita sedang dalam tahapan pemulihan, perkembangan dan menjadi lebih kuat dari sebelumnya. So gaperlu kawatir kalo kita ngerasain nyeri setelah olahraga.

Lama nggak sih DOMS itu?
Lama atau tidaknya DOMS bergantung pada (1) tingkat kerusakan otot kita akibat latihan, (2) nutrisi yang dikonsumsi oleh tubuh kita, dan (3) waktu istirahat. Biasanya DOMS sudah hilang setelah 24 hingga 72 jam setelah kita latihan.

Nyesel nggak sampe kena DOMS?
Nggak sama sekali, kenapa? karena (1) gua jadi ngerti apa itu DOMS, dari jaman make hape n-gage dulu sampe sekarang taunya kalo nyeri abis olahraga gara-gara kurang pemanasan dan disebut keram. Mau dipanasin pake kompor juga DOMS tetep bakalan terjadi kok; dan (2) Gara-gara kena DOMS mau gak mau harus mikir olahraga apa buat tetep usaha nurunin berat badan, akhirnya diputusin buat lari pagi atau sore. Apasih manfaat lari sore atau pagi? Next time deh dibahas.

Kok salah gaul?
Harusnya kalo pertama-tama gaperlu gaya-gayaan angkat beban terlalu berat diluar kemampuan. Beban 5 kg juga udah cukup. Jangan niru (bergaul) sama mastah-mastah yang udah terlatih :v

Suara aaahhhh itu suara apa vroh?
Biasa lah, hulk-hulk yang lagi main pitnes pada ngangkat beban segede gaban dan teriak "aaaaahhhhh" tiap buang napas.

Oke cukup segini dulu curhatan gua kali ini, thx udah mau baca! ^_^

2 comments:

  1. semakin sakit, semakin oke.. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya sih gt. Tp buat awal" bgt mensing woles dulu om 😂

      Delete