Tags

Top 4 Beginner Mistakes

Sudah lama nggak ngepost di blog, akhirnya kangen juga sama blogger. Artikel kali ini ini tentang kesalahan-kesalahan yang umum dilakukan oleh orang yang baru pertama kali terjun ke dunia olah raga. Tentu bukan tanpa alasan gua bikin postingan ini. Postingan ini lahir karena perut sudah 11 12 sama Baymax dan iseng-iseng baca majalah tentang kesehatan eeh ternyata apa yang gua lakuin selama ini banyak yang salah. Agar yang lain tidak ikut tersesat seperti gua, ada baiknya disimak.



Going To Heavy
Karena yang dibaca adalah majalah tentang fitness, kita generalisasi aja dulu. Intinya jangan terlalu memaksakan diri dengan beban yang berat. Banyak yang mengira dengan latihan yang berat akan semakin cepat tercapai tujuannya. Tapi itu kesalahan pertama yang sering dilakukan oleh pemula. Bukan malah tercapai tujuannya eh malah rentan kena cidera. Terus gimana sebaiknya? Stick to your diet program. Nah kalo gak tau harus ambil program yang mana? The answer is google.com ^_^

Going Too Often
Nah ini juga salah satu kesalahan yang paling sering dibuat sama pemula, termasuk gua sendiri selama ini. Kalo kita seminggu latihan angkat beban selama 3x, berarti kalo kita latihan 4 sampai 5x otot-otot yang kita latih bakalan lebih cepat lagi dong? Ternyata salah vroh. Otot-otot yang kita latih ternyata juga butuh istirahat yang cukup sehingga di latihan kita selanjutnya otot-otot kita masih fresh. 

Not Sleeping
Tidak bisa dipungkiri, perkembangan zaman yang makin edan ini membuat siang-malam hampir gak ada bedanya. Jam malam kita habisin buat nonton TV, main game, main HP, atau nongkrong sama teman-teman. Kurang istirahat bikin kita tampak lelah, mata berkantung. Sebagai orang yang melakukan olahraga tentu kita ingin tubuh kita segera tumbuh seperti yang kita inginkan, terutama buat yang olahraganya ngebentuk badan di tempat fitness. Nah, klimaks dari hormon pertumbuhan itu terjadi ketika kita tidur malem. Lalu berapa jam durasi kita tidur yang baik? 7 hingga 9 jam. Kalau kita tidurnya diganti siang gimana? kata bu dokter yang pernah debat di chat pribadi sama gua. Kalo siang itu tubuh tidak memproduksi melatonin yang cuman keluar malam hari ketika kita tidur di gelap-gelapan. Nah kalo siang hari kita tidur, tapi di ruangan yang gelap gimana hayo? Bu dokter geleng dan mengalihkan pembicaraan.

Not Drinking Enough Water
Faktanya nih vroh, ketika tubuh kita kehilangan cairan sebesar 2% saja, akan berdampak pada kekuatan, stamina bahkan kemampuan kognisi kita. Kita disaranin buat minum air putih sebanyak (berat tubuh kita dibagi 2) ounce sehari. Buat gua sendiri yang lagi overweight hampir 80 kg ini sehari seenggaknya minum sebanyak 1 sampai 1,5 liter ait putih. So... jangan sampai kekurangan air putih guys, ikuti pepatah sedia galon sebelum ngelak.

0 comments: